Terimakasih Tuhan


Nama gw Amanda, umur enam belas tahun. Gw sekolah disalah satu sekolah swasta di Jakarta. Rambut gw warna hitam sebahu, mata coklat, hidung mancung ama suka pake bando putih. Hidup gw sebenernya biasa-biasa aja, ga ada yang spesial. Gw sama kaya anak lainnya yang berharap sekolah bisa selalu pulang lebih cepet dan kalo bisa pengen rasain liburan selama mungkin. Gw benci kalo dikasih banyak PR ama guru waktu liburan panjang. Gw suka mikir, nih semua guru niat ga sih kasih ke liburan ke murid kalo ujung-ujungnya disuruh belajar juga di rumah.

 Waktu liburan pun gw juga ga suka ama nyokap, bokap gw. Pulang malem dikit aja, langsung diomelin ga jelas. Masa gw dibilang jam enam sore harus udah sampe di rumah, bgitu jam enam sore ke atas belum nongol, langsung deh tuh HP penuh sms ama misscall dari nyokap. Gw yang biasanya lagi jalan ama temen-temen di mall waktu nyokap nelponin, bakal biarin aja nelpon terus ga gw angkat. Ga penting banget ngangkat telpon dari dia, paling kerjanya cuma nanya udah dimana, kapan pulang, udah makan belum. Ya gitu-gitu deh, pertanyaan ga penting.

Tapi walaupun gitu Gw paling suka itu kalo lagi ngumpul bareng temen-temen. Kayanya mereka itu yang paling ngertiin gw, kalo lagi ngumpul ama mereka gw bakal ceritain semua yang gw rasain. Mereka itu baik banget deh, suka ngajak jalan, Ngedukung semua yang gw lakuin pokoknya kalo lagi ama mereka suka lupa waktu saking asiknya main. Ampe gw suka merasa lebih nyaman ama temen-temen dibanding ama keluarga gw sendiri.

 Keluarga gw ga tau apa-apa tentang gw, bokap ama nyokap itu ga tau apa yang gw suka, masa mereka ga tau sih kalo diri gw sendiri yang paling tau apa yang terbaik buat diri gw sendiri. Mereka suka ngatur hidup gw, kalo lagi berantem ama mereka udah biasa gw banting pintu depan muka mereka saking keselnya. Kerja Bokap itu pegawai kantoran, nyokap cuma ibu rumah tangga. Gw suka kesel kalo mereka ga bisa menuhin kemauan gw. Kadang minta uang lebih buat jalan ama temen ga di kasih, jawabannya bokap dia belum gajian. Kadang-kadang uang SPP sekolah juga suka telat dibayarnya, gw kan malu. Apalagi kalo BBM mati abis pulsa, minta uang buat beli pulsa itu kayanya susah banget.

 Akhirnya gw ga tahan lagi sama semua keadaan keluarga, jadi gw mutusin buat kabur dari rumah. Gw pergi kerumah temen buat tinggal disana. Gw rasa itu hal terbaik, pergi jauh dari keluarga. Awalnya memang nyenengin, gw ga perlu lagi terkekang sama peraturan yang ada di keluarga. Gw merasa bebas, ga ada batasan lagi buat nikmatin hidup. Gw bisa lakuin semua hal yang gw mau, ga usah khawatir lagi buat pulang malem-malem atau subuh, toh ga bakal ada lagi nyokap yang bawel ngelarang buat ini-itu. Gw hidup semau gw, semua hal yang selama ini takut gw coba sekarang gw cobain semuanya mulai dari Rokok, alkohol sampe drugs.

 Tiap hari serasa pesta terus, ga ada beban hidup lagi. Itu semua terus gw lakuin sampe suatu hari waktu gw ama temen baru pulang dari salah satu klub malam, mobil yang temen gw bawa kecelakaan. Di tengah jalan, temen gw yang bawa mobil ga bisa ngendaliin mobilnya, dia banting stir buat ngindarin tabrakan ama mobil lain. Ngebuat mobil yang kita tumpangin belok tajem nabrak tiang listrik. Gw kejebak didalam mobil, waktu lagi usaha keluar dari dalam mobil tiba-tiba kap depan mobil meledak kebakar. Lama-kelamaan napas gw mulai sesak sama asap mobil yang makin banyak masuk ke dalam mobil. Beruntung waktu itu warga sekitar cepet narik gw keluar dari sana sebelum mobil meledak.

 Tapi temen gw ga beruntung, dia masih ada di mobil itu waktu meledak. Gw langsung dilariin ke rumah sakit ga berdaya, tulang gw rasanya patah semua, kepala berdarah, kaki ga bisa gw gerakin. Gw pingsan dalam mobil ambulans dan begitu sadar lagi gw udah kebaring di ranjang rumah sakit. Dokter bilang gw beruntung masih bisa hidup ga mati seketika waktu tabrakan dan bisa keluar dari mobil tepat waktu sebelum mobil meledak. waktu tanya apa gw bisa jalan lagi ga bakal lumpuh soalnya tiga hari pertama di rumah sakit gw ga bisa gerakin kedua kaki gw sama sekali. Dokter ga bisa mastiin, dokter cuma bilang tempurung kedua kaki gw hancur dan gw harus berusaha keras kalo pengen bisa jalan lagi, Jadi tinggalah gw di rumah sakit.

Disana terasa hampa banget, gw pikir bakal banyak temen-temen yang bakal jenguk, tapi gw salah. Ga ada satupun temen yang dateng, gw ditinggalin sendirian. Hari-hari gw lewatin ganti minggu, kayanya gw bakal lumpuh seumur hidup, tangan kanan gw juga ga bisa lagi gw gerakin. Gw berbaring ga berdaya udah kaya tinggal nunggu ajal aja buat mati. Gw merenung dan cuma bisa menyesal liat hidup gw selama ini. Gw akhirnya sadar semua hal yang gw lakuin selama ini itu sia-sia. Hidup semau gw buat semuanya makin hancur, cuma kebahagian sesaat yang gw dapat dari hidup bebas.

 Gw nyesel kenapa pergi ninggalin rumah waktu itu. Waktu berbaring sendirian di rumah sakit di minggu ke dua, gw tiba-tiba inget kejadian waktu masih kecil. Saat itu umur gw lima tahun, gw ama nyokap lagi main petak umpet, gw ngumpet di dalam lemari. Ga berapa lama lagi ngumpet, pintu lemari perlahan kebuka. Yang buka nyokap sambil bilang "Ayoo.. Ketemu kamu Amanda!" gw langsung lari ke luar meluk nyokap, di pelukannya dia ngomong gini "Amanda, Mama sayang kamu. Apapun nanti yang bakal kamu perbuat ga bakal mengubah rasa sayang Mama ke kamu, jangan takut nak.. Mama selalu ada sama kamu" waktu inget ini semua sendirian di kamar rumah sakit, perlahan air mata keluar ngebasahin pipi gw.

 Gw ga tahan lagi, gw cape.. Sekarang gw sendirian. Gw ninggalin semua orang yang bener-bener sayang ama gw dan lebih milih hidup ama temen-temen yang cuma peduli ama gw waktu gw lagi ga susah, begitu jatuh sakit kecelakaan sekarat gini ga ada sahabat yang mau dateng buat nemenin. Gw merasa bodoh banget, ga nyangka di keadaan gw yang sekarat gini yang paling pengen gw ketemuin cuma keluarga. Gw inget semua kelakukan buruk yang udah gw buat ke Nyokap, Bokap dan cuma bisa menyesal ingetnya. Semua udah terlambat sekarang, gw ga punya lagi harapan, hidup gw udah habis! Gw sekarang tinggal tunggu ajal. Waktu gw lagi nangis nyesel malam itu, tiba-tiba pintu kamar kebuka.

 Gw liat siapa yang buka pintu, dan liat disitu ada Nyokap. setelah buka pintu dia perlahan jalan ke sisi tempat tidur gw. Dia taruh tangannya di atas kepala gw sambil ngomong " Amanda, apapun yang udah kamu perbuat ga bakal ubah rasa sayang mama ke kamu, jangan takut nak. Mama selalu ada sama kamu" Gw langsung meluk beliau sambil nangis sejadi-jadinya. Gw ga bisa ngomong apa-apa, setelah berminggu-minggu di rumah sakit sendirian penuh rasa penyesalan, kata-kata yang nyokap ulang waktu gw masih kecil itu seakan lepas semua beban berat yang gw bawa selama ini.

 Dipelukan Nyokap, gw mandang pintu kamar dan disitu gw liat Bokap berdiri. Dia masuk berjalan ke arah gw terus dia membungkuk biar bisa liat wajah gw dengan jelas. Gw lepas pelukan dari nyokap, dan mandang Bokap. Itu pertama kalinya kita bertatap muka lagi setelah berbulan-bulan. Tadinya gw pikir dia bakal teriakin gw sambil marah-marah sama kaya yang biasa gw lakuin ke dia waktu gw lagi marah ama dia. Tapi gw salah, dia tersenyum. Dia hapus air mata gw pake tangannya dan seolah bisa tau gw bakal ngomong apa, dia bilang "Papa maafin kamu," gw peluk beliau, dan merasa bebas banget. Semua penyesalan, rasa bersalah sama kepahitan gw kayanya hari itu juga hilang seketika

 Gw ga pernah nyangka bokap, nyokap bakal maafin gitu aja atas semua perbuatan buruk yang udah gw lakuin ke mereka. Mereka seolah-olah udah lupain semua kelakukan buruk gw dan nganggep itu semua ga pernah terjadi. Mereka bilang mereka ga bakal lagi biarin gw pergi dan berusaha bakal lebih lagi ngertiin apa yang gw mau, tapi waktu mereka ngomong gitu gw jawab "Engga Ma, Pa.. Yang salah Amanda, harusnya Amanda tau kalo semua yang Papa Mama buat itu buat kebaikan Amanda."

 Jadi begitulah, setelah hari itu mereka rawat gw berbulan-bulan di rumah sakit sampe gw sembuh total. Gw ga lumpuh, walaupun harus lewatin banyak operasi dan ngerasain rasa sakit yang kayanya ga ada habisnya, dan dua bulan kemudian akhirnya gw bisa jalan kaya dulu lagi. Di hari keluar rumah sakit, gw pandang langit biru yang cerah dan berkata berbisik sambil menatap awan-awan "Terima kasih Tuhan..."

*ThomasMulia*

Komentar

Postingan Populer