LAPORAN HASIL PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) ZSIIL
LAPORAN HASIL PRAKTEK KERJA
INDUSTRI (PRAKERIN)
|
SMK NEGERI 3 MANADO
|
Jln. TNI No. 4 Tikala Telp(0431) 864087 MANADO
95124
DI SUSUN OLEH:
SHANNITA RATUMBOBA
KELAS:
XII AP 3
PROGRAM KEAHLIAN:
AKOMODASI PERHOTELAN
KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur saya
panjatkan kehadirat Tuhan Yesus Kristus, karena berkat pertolongan dan izin-Nya
sehinggah saya dapat menyelesaikan Tugas Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
selama 4 Bulan di MANADO QUALITY HOTEL dan sampai pada pembuatan laporan akhir
ini bisa terselesaikan dengan baik.
Dalam pembuatan laporan
ini, tidak luput dari pihak-pihak lain, untuk itu saya ingin mengucapkan
terimakasih kepada :
-
Kepala Sekolah SMK Negeri 3
Manado : Bpk Drs James Senewe
-
General Manager MANADO
QUALITY HOTEL : Bpk Yorizal Pasambe
-
Senior personnel Officer
Manado Quality HOTEL : Ibu B. Sumarwati
-
F & B Service Manager :
Bpk Mohammad Anwar
-
Housekeeping Manager : Ibu
Cherly Wangkay
-
Ketua Jurusan Akomodasi
Perhotelan : Ibu Yetty Mansa
-
Guru Pembiming : Manuel. K.
Momole, Spd
Serata seluruh staf dan
Karyawan MANADO QUALITY HOTEL yang sudah membantu dan memberikan dorongan
maupun bahan acuan sehingga saya berhasil menyelesaikan Praktek Kerja Industri
(PRAKERIN).
Kritik dan saran yang
sifatnya membangun saya harapkan dari semuannya, karena saya yakin masih banyak
kekurangan dalam Laporan saya ini. Karena itu saya mohon maaf apabila ada
kesalahan yang tidak saya ketahui, atas kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.
Penyusun
SHANNITA RATUMBOBA
DAFTAR ISI
Halaman Judul ..........................................................................................I
Kata Pengantar
........................................................................................II
Daftar Isi
......................................................................................................III
Lembar Pengesahan & persetujuan
...................................................IV
Profil Of The Hotel
...................................................................................V
Bab I. PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
................................................................. 1
B. Tujuan
..................................................................................
1
C. Waktu dan Tempat .........................................................
2
D. Sasaran Kegiatan
.............................................................. 2
E.
Hasil yang
Diharapkan.................................................... 2
Bab II. RUANG
LINGKUP PERUSAHAAN
A. Gambar Umum Perusahaan ...............................................
3
-
Sejarah Singkat Perusahaan
......................................... 3
-
Lokasi Perusahaan
........................................................... 4
-
Departement Yang ada
Dihotel ................................... 4
-
Fasilitas Yang ada Dihotel
............................................... 5
-
Struktur Organisasi Hotel
................................................ 7
B. Departement Tempat Prakerin
............................................ 8
-
Struktur Organisasi
Departement Sendiri ....................... 8
-
Tugas Tanggung Jawab
Departement Yang di Tempati ... 9
C.
Uraian Kegiatan Prakerin
...................................................... 11
Bab III. PENUTUP
A. Kesimpulan
.............................................................................
14
B.
Saran dan pesan..........................................................
14
C. Daftar
Pustaka....................................................... 15
|
III
LEMBAR PENGESAHAN &
PERSETUJUAN
SMK NEGERI 3 MANADO
Jln. TNI No. 4
Tikala Telp. (0431) 864087 MANADO 95124
Kepala Sekolah
Drs. James Senewe
Ketua Jurusan Guru
Pembimbing
Yetty Mansa Manuel. K Momole, Spd.
General Manager Senior
Personnel Officer
Bpk.
|
PROFIL OF THE HOTEL
Name : MANADO
QUALITY HOTEL
Location :
Jln. Piere Tendean No. 88-89,
Boulevard Manado 95114
North Sulawesi, Indonesia Phone
(62-431) 8883888
Fax : (62-431) 8881111, 8881617
SMS Reservation:
081523908888
Categories :
4 Stars
Fascilities :
Meeting Rooms
Restaurant
Havila
Lounge
Business
Centre
Laundry
Service
Dry Cleaning
Massage
Service
Hot
Spot (WIFI) at the lobby and Lounge
Car
Rental
Airport
transfer and pick up (on request)
Rooms : 143 Well appointed rooms
Air Conditioning
Hot & Cold Water
TV channels
Coffe & tea makewr
Safety box
Internet access (LAN connection
cabel)
Mini Bar, and IDD Telephone
BAB I
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Prakerin Merupakan kegiatan
yang harus diikuti oleh setiap siswa SMK yang dipersiapkan menjadi tenaga kerja
yang siap untuk mengisi lapangan kerja tingkat menengah sesuai dengan bidang
keahlian yang ditekuninya.
Latar belakang pelaksanaan
prakerin menambah ilmu pengetahuan dalam dunia industri / perusahaan untuk
meningkatkan mutu serta kualitas sebagai lulusan SMK untuk menjadi sumber daya
manusia yang handal dan profesional. Untuk itu siswa dan guru pembimbing
dipandang perlu mempunyai pedoman yang sama berupa buku jurnal laporan kegiatan
kerja industri (PRAKERIN). Jurnal ini masih perlu penerapan yang lebih baik
dari pihak instansi pemerintah / Perusahaan / Maupun Sekolah.
Tujuan
Tujuan dari
pelaksanaa Prakerin adalah :
1.
Menghasilkan tenaga kerja
yang memiliki keahlian berkualitas yaitu, tenaga kerja yang memiliki tingkat
pengetahuan, ketrampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan
lapangan kerja.
2.
Memperoleh Link and Match
antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan dunia kerja.
3.
Meningkatkan efisiensi
proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas.
4.
Memberi pengakuan dan penghargaan
terhadap pengalaman kerja sebagai bagian proses pendidikan.
Tujuan SMK sebagai bentuk
satuan pendidikan kejuruan sebagaimana ditegaskan dalam penjelasan pasal 15 UU
SISdiknas, merupakan pendidikan menengah
yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu
Tujuan Penyusunan Laporan
Memanfaatkan
dan Mengembangkan Peluang usaha secara Kreatif dan Inovatif.
Mengetahui Faktor – faktor
keberhasilan dan kegagalan usaha. Pelaksanaan PRAKERIN, peserta diharapkan
memiliki Etos Kerja dan Kemampuan, yaitu :
Kemampuan Kerja ;
Motivasi
Kerja yang Baik ;
Memiliki
Inisiatif ;
Memiliki
Kreatifitas yang Baik ; serta
Memiliki Disiplin Waktu
Waktu & Tempat
Hari Tanggal : Senin 22
Oktober 2012 s/d Selesai
Tempat
/ Lokasi Pembuatan Laporan : Di Rumah dan Sekolah
Sasaran
Kegiatan
Pelaksanaan PRAKERIN
ditunjukan bagi generasi muda kususnya para siswa – siswi SMKN 3 Manado untuk
membekali diri di bidang keahlian tersebut. Para siswa – siswi masing – masing
dan untuk mempersiapkan diri mencari pengalaman kerja di dunia usaha / industri
sesuai dengan program keahlian masing – masing kususnya dibidang Akomodasi
Perhotelan.
Hasil
Yang Di Harapkan
Hasil
yang diharapkan dengan adanya pembuatan Laporan ini adalah kiranya menghasilkan
siswa dan siswi yang memiliki kemampuan dalam hal sikap, serta Intelektual dan
mampu bersaing dengan Sekolah Menengah Kususnya dalam Bidang Akomodasi
Perhotelan.
BAB II
RUANG LINGKUP PERUSAHAAN
A. Gambaran Umum Perusahaan
-
Sejarah Singkat Perusahaan
SEJARAH MANADO
QUALITY HOTEL
Manado Quality Hotel
Didirikan Pada Tanggal 16 Agustus 2006 yang merupakan tanggal soft opening, dan
pada tanggal 12 september 2006 merupakan Grand Opening yang pada waktu itu masih
dikenal dengan nama Quality Hotel Manado (chance dari choice Hotel). Dan
berkedudukan di Jalan Piere Tendean no. 88-89 Boulevard Manado.
Manado Quality Hotel
merupakan city hotel yang sangat strategis karena terletak di pusat Business on
Boulevard. Pelayanan yang prima dan bersahabat menjadi motto dari kami karena
tanpa pelayanan yang baik maka tamu tidak akan merasa nyaman seperti di rumah
sendiri.
Manado Quality Hotel dijalankan oleh management yang
professional dan berdedikasi tinggi serta karyawan yang ramah, jujur dan siap
melayani tamu dengan standart hotel berbintang. Dan management dan karyawan
menjalin kerjasama yang solid sehingga tercipta Team Work yang tanggguh.
Visi dari Manado Quality Hotel :
Menjadi yang terdepan dan hotel yang lebih
terkenal di daerah ini. Dengan hotel yang lebih fresh, baik dan terlatih,
dinamis, penuh enerjik, tim Managemen dan karyawan yang bermotivasi tinggi. Berkonsisten
untuk mencoba atau melaksanakan pelayanan standar Internasional. Untuk
memberikan keuntungan hotel saat hotel menjamin kepuasan dan kesetiaan tamu di
semua area hotel (departement) dengan bersikap sahabat, efektif, dan memberikan
pelayanan yang profesional.
Misi dari Manado Quality Hotel :
Management perusahaan telah mencanangkan misi
perusahaan dalam mencapai visinya. Adapun misi perusahaan tersebuat adalah
sebagai berikut.
Memiliki komitmen untuk menghasilkan
keuntungan yang optimum bagi pemilik hotel guna menjaga pertumbuhan keuntungan
dimasa yang akan datang. Selalu berusaha secara tetap dan kerja keras untuk
memenuhi harapan dari para pelanggan, pemilik hotel, dan karyawan dengan
memberikan service yang baik. Serta memiliki komitmen untuk terus meningkatkan
produk dan pelayanan.
-
Lokasi
Perusahaan
Manado Quality Hotel
berlokasi di Jln. Piere Tendean No. 88-89.Boulevard Manado.
-
Departement – Departement Yang ada Di Manado Quality Hotel :
1.
FRONT OFFICE DEPARTEMENT
Front
office Departement adalah bagian yang bertugas menjual kamar.
Front
Office Departement terbagi dalam beberapa seksi :
-
Reception
-
Information
-
Telephone Operator
2.
SALES DAN MARKETING DEPARTEMENT
Sales
dan Maketing Departement adalah bagian yang bertugas mempromosikan Hotel serta
fasilitas serta Meeting and Function Room yang ada.
3.
HOUSEKEEPING DEPARTEMENT
Housekeeping
Departement adalah bagian yang bertugas dalam Mengatur, membersihkan, merapikan
kamar serta seluru area hotel untuk memberikan kenyamanan bagi setiap orang
yang berkunjung.
Departement
Housekeeping dibagi dalam beberapa seksi :
-
Room section, bertugas atau
bertanggung jawab pada kamar – kamar serta mendistribusikan kelengkapan guest
supplies
-
Publick Area, yaitu seksi
yang bertanggung jawab pada pembersihan publick area, fuction room, restorant, dan lounge.
-
Linen dan Uniform section,
yaitu seksi atau bagian yang bertanggung jawab dalam memelihara seragam maupun
linen serta memperbaiki pakaian – pakaian atau linen yang tidak layak digunakan.
4.
LAUNDRY DEPARTEMENT
Laundry
Departement adalah bagian yang bertugas menangani cucian baik house Laundry,
guest Laundry, dan outside Laundry.
5.
FOOD & BEVERAGE SERVICE
FOOD
& BEVERAGE SERVICE adalah bagian departement yang bertanggung jawab pada
pelayanan makanan dan minuman. Bagian departement ini juga terbagi dalam
beberapa seksi atau bagian yaitu :
-
Restaurant
-
Lounge and Bar
-
Room Service
6.
ENGGINERING / TEKNISI DEPARTEMENT
Engginering
departement adalah bagian yang bertanggung jawab dalam hal pemeliharaan,
perawatan, serta perbaikan terhadap kerusakan – kerusakan yang terdapat di area
hotel maupun di kamar.
7.
SECURITY DEPARTEMENT
Security
departement adalah bagian yang bertanggung jawab pada keamanan lingkungan
hotel.
-
Fasilitas
Perusahaan / Hotel Dan Layanan Lainnya
Fasilitas yang ada di Manado Quality Hotel adalah :
1.
Mempunyai 143 kamar yang
terdiri dari :
-
Suite room : 9 kamar
-
Royal suite : 8 kamar
-
Deluxe Room : 64 kamar terdiri dari
. Twin bed :
16 kamar
. Queen bed :
48 kamar
-
Superior room : 62 kamar
terdiri dari
. Twin bed :
49 kamar
. Queen bed :
13 kamr
2.
Meeting Room yang terdiri
dari :
-
Bunaken meeting room
-
Mantehage meeting room
-
Gangga meeting room
-
Tongkaina meeting room
-
Molosing meeting room
3.
Business Center
4.
Restaurant
5.
Lounge and Bar
6.
Internet
7.
Massage / Spa
8.
Parking Area
9.
Rental Car
Ada Pun Harga Yang di Tawarkan di Manado Quality Hotel
Sebagai Berikut, Berdasarkan Tipe kamar yang diingini;
Harga Kamar MANADO QUALITY HOTEL
TYPE OF ROOM
|
RATES
|
MEALS
|
|
Harga Internet
|
Harga Publish
|
||
Rp
|
Rp
|
||
Superior
|
520.000
|
800.000 ++
|
abf
|
Deluxe
|
595.000
|
900.000 ++
|
abf
|
Suite
|
830.000
|
1.000.000 ++
|
abf
|
Royal Suite
|
1.650.000
|
1.900.000 ++
|
abf
|
B. Departement / Bagian Tempat
Prakerin
GENERAL MANAGER
(Yorizal Pasambe)
|
Executief . CHEF
(Mohammad Anwar)
|
Ass. CHEF
(Syarifudin)
|
Ass. RESTAURANT & BAR MANAGER
(Mohammad Mansur)
|
RESTAURANT
SUPERVISOR
(Jonly
Talumepa)
|
BANQUET SUPERVISOR
(Denny Mare)
|
FOOD & BEVERAGE STAFF
|
-Tugas
dan Tangung Jawab F & B Service Departement
Tugas dan tanggung jawab Waiter / Waitress
Di Restoran
seorang Waiter dan Waitress mempunyai tanggung jawab adalah sebagai berikut :
1.
Set – up Table yaitu
dilakukan sebelum operasional.
2.
Mengecek dan Mengambil
kembali salt and papper, dilakukan sebelum dan sesudah operasional
3.
Memberikan cutleries /
polishing, dilakukan sesudah operasional
4.
Memberikan china ware,
dilakukan sesudah operasional
5.
Mengecek dan mengisi sugar
bowl setelah operasional Breakfast
6.
Menyiapkan dan melipat
napkin untuk operasional selanjutnya dilakukan sebelum dan sesudah operasional
7.
Sebelum operasional
dilakukan waiter dan waitress menyiapkan tempat untuk tamu
8.
Menyambut tamu yang datang
dan mengambil pesanan serta melayaninya
Operasional Kerja Food and
Beverage Service
Sebelum restoran di buka, yang dilakukan
adalah membersihkan peralatan yang akan digunakan dalam operasional kerja
termasuk area restoran, lalu menyiapkan peralatan yang diperlukan dan di Set-up
diatas meja restoran.
GENERAL MANAGER
(Yorizal Pasambe)
|
Room devition manager & MANAGER
HOUSEKEEPER
(Cherly
Wangkay)
|
HOUSEKEEPING
SuPerVisor
(HarvY Mongan)
|
HOSEKEePING SuPerVisor
(Iswadi Siala)
|
HOUSEKEEPING STAFF
|
SENIOR FLOOR Supervisor
(MOURIS AUMBAS)
|
-Tugas
dan Tanggung Jawab Housekeeping:
·
Mengecek semua kamar pada permulaan shiftnya
dan membuat Room Boy Sheet mengenai situasi kamar sesuai dengan kode yang di
tentukan.
·
Mengambil linen atau towel, cleaning
supplies, guest supplies, dan perlengkapan atau peralatan kerja lainnya,
kemudian diatur ke trolley dan lain-lain.
·
Mengontrol inventaris, kondisi kebersihan dan
kelengkapan setiap kamar di floornya masing-masing.
§ Membersihkan,
mengganti, dan melengkapi sesuai standard:
-Bed
room -Bath
room -Furniture
dan kelengkapan kamar lainnya
·
Making bad
·
Mengganti linen atau towel yang kotor
disetiap kamar
·
Vacuum cleaning, mengepel lantai untuk
kamar-kamar tanpa karpet.
·
Melaporkan segala kerusakan, kehilangan,
kejadian yang tidak semestinya kepada FO dan HK Supervisor.
·
Menolong Valet (laundry) untuk mengumpulkan
cucian tamu yang dilaundrykan
·
Menolong room service mengeluarkan piring
atau alat makan yang kotor
·
Mengembalikan linen atau towel, sisa guest
supplies, cleaning supplies, cleaning equipment ke linen room atau ke roomboy
station floor masing-masing.
·
Membersihkan atau mengatur kembali trolley
·
Menerima atau melaksanakan perintah atasan
·
Bekerja sama yang baik dengan rekan kerja di
departement HK dan departement lainnya.
Uraian Kegiatan Prakerin
Kegiatan yang
dilakukan selama prakerin diManado Quality Hotel adalah sebagai berikut:
Food
& Beverage Departemen terbagi menjadi 3 bagian yaitu:
v
Restaurant
v
Lounge
v
Banquet
1.
Direstaurant
terdapat pekerja-pekerja yang disebut Waiter (untuklaki-laki) dan Waitress
(untuk perempuan). Seorang waiter dan waitress memulai pekerjaan mereka menurut
shiftnya masing-masing, berikut ada 4 macam shift yaitu:
v Shift pagi
pukul 05.00 s/d pukul 15.00
v Shift siang
pukul 12.00 s/d pukul 20.00
v Shift sore
pukul 15.00 s/d pukul 23.00
v Shift malam
pukul 23.00 s/d pukul 07.00
Sebagai
anak training kami dituntut untuk mengikuti shift-shift tersebut (kecuali shift
malam hanya untuk senior). Direstaurant pekerjaan kami dimulai dari kegiatan
breakfeast(pukul 05.00) sampai selesai(pukul 10.00) dan kami mempunyai tugas
maisng-masing yang terdiri dari:
v Greatters
Seorang
greatters posisinya berada didepan pintu masuk restaurant yang bertugas untuk
memberi greetings kepada tamu yang masuk dan keluar restaurant, bagi tamu yang
masuk kita mengucapkan greetings sambil menanyakan nomor kamar tamu tersebut
untuk dicatat didaftar tamu yang menginap dihotel sebagai bukti bahwa tamu yg
berada dikamar tersebut sudah melakukan breakfeast. Sesudah itu langsung
mengantarkan tamu kedalam restaurant dan membantu tamu untuk mencari tempat
duduk yang mereka inginkan. Seorang greatters juga harus mempunyai sikap yang
ramah, sopan, dan murah senyum agar dapat memberi kesan yang sangat baik bagi
tamu yang datang breakfeast.
v
Coffe
Runner
Coffe runner
dilakukan ketika tamu masuk restaurant yang diantar oleh greatters, dengan cara
menawarkan teh dan kopi kepada tamu sekaligus menuangkannya ketempat yang sudah
disediakan sesuai dengan pilihan tamu tersebut, tidak lupa juga menyampaikan
greetings sebelum menawarkan teh dan kopi.
v
Clear
up
Clear up
dilakukan ketika tamu selesai makan, dengan cara menanyakan kepada tamu
tersebut apakah peralatan yg digunakan sudah selesai digunakan, dan kita segera
mengangkatnya dengan sopan dan ramah sambil tersenyum. Dan ketika tamu tersebut
sudah pergi meninggalkan restaurant segeralah kita membersihkan meja tersebut
dan mengangkat kembali peralatan yang masih tersisa.
v
Set-up
Breakfeast
Seseorang
yang ditugaskan untuk mengset-up meja, yang harus dilakukan yaitu prepare
perlengkapan set-up yang terdiri dari spoon,fork,knife,saucer,tea cup, dan tea
spoon. Setelah itu barulah mengset-up dengan cara meletakan knife terlebih
dahulu disebelah kanan, kemudian fork disebelah kiri, lalu spoon disebelah
kanan bersebelahan dengan knife, kemudian saucer disebelah kanan, begitu juga
tea cup ditaruh diatas saucer, dan tea
spoon disebelah kanan tea cup diatas saucer.
v
Polished
Bagian
pemolishan dilakukan oleh seseorang dan posisinya berada di belakang. Pekerjaan
memolish harus dilakukan secara hati-hati dan bersih agar tidak ada masalah
yang terjadi seperti barang jatuh dan pecah, masih ada kotoran yang tersisa,
dan lain-lain. Peralatan yang dipolish adalah cutleries,chinaware,dan glass.
Selain ditugaskan untuk memolish, kita juga diberi tugas lain yaitu mengecek
peralatan yang ada dimeja plasmanan kalau ada yang sudah habis kita langsung
menambahkannya seperti water goblet, high ball, dessert plate, dinner plate,
sereal ball, b&b plate, dan pasta plate. Oleh sebab itu dibagian polished
harus dilakukan oleh seorang yang bertanggung jawab agar tidak akan terjadi
masalah yang dapat menimbulkan komplain dari tamu.
v
Room
Service
Ketika tamu
ingin menghubungi room service maka tamu tersebut sudah pasti akan memesan
makanan dan minuman, dan sebagai anak training tugas kami adalah mengantarkan
room service tersebut kekamar dengan cara:
Ø Mengetuk
pintu kamar dengan menggunakan punggung jari sampai 3x sambil mengucapkan
‘’Room Service’’ .
Ø Ketika tamu
membuka pintu, kita langsung menyapa tamu tersebut dengan memberi greetings
dibarengi dengan senyuman dan mengatakan ‘’permisi bapak/ibu(mengucapkan
pesanannya)’’
Ø Ketika tamu
menyuruh untuk masuk, kita langsung menanyakan pesanannya mau ditaruh dimana,
kemudian menaruhnya sesuai dengan permintaan tamu tersebut.
Ø Setelah itu
tamu akan bertanya soal bill(pembayaran), dan kita langsung memberikan bill
tersebut dengan ramah dan sopan.
Ø Setelah itu
kita pergi dari kamar tersebut sambil mengucapkan ‘magic words’ seperti
“selamat menikmati bapak/ibu manakan dan minumannaya” dan tidak lupa lagi
mengucapkan greetings sambil tersenyum dan menutup kembali pintu dengan
hati-hati tanpa mengeluarkan suara.
2.
Di
Havilla Lounge pekerjaan dilakukan setelah breakfeast(pukul 10.00) sampai
selesai. Pekerjaan yang dilakukan antara lain sebagai berikut:
v Membersihkan
meja-meja yang kotor dan mengatur kembali kursi-kursi dan mengganti ahstray yang kotor dengan yang
bersih.
v Membersihkan
area pantry, refil alat dan bahan yang habis terpakai dengan yang baru, replay
botol-botol yang akan dijual, mengecek buah-buah yang habis dan
segera mengordernya, mencuci dan memolish peralatan yang kotor.
v Handle tamu
yang ingin memesan minuman dan makanan dan mengordernya, lalu mengantar kembali
pesanan tersebut.
v Membuat
orderan seperti juice-juice,coffee,dan jenis minuman lainnya.
v Melaporkan
hasil pekerjaan disaat briefing.
3. Di Banquet
kegiatan yang dilakukan adalah:
Ø Ketika ada
acara yang diselenggara seperti meeting, seminar, HUT, dan lain-lain, ruangan
yang akan diselenggarakan acara tersebut di shet sesuai permintaan
penyelenggara.
Ø Set-up memo
pad dan water goblet yang langsung dipouring.
Ø Set-up
dinner dan lunch
Ø Menghandle
coffee break yang sedang berlangsung sambil mengecek teh dan kopi apakah sudah
habis atau belum, kalau sudah habis maka segera direfil kembali.
Ø Setelah
acara selesai mengclear-up dan langsung mengatur kembali ke posisi semula.
Kegiatan Yang dilakukan selama PRAKERIN di
Manado Quality Hotel Departement HOUSEKEEPING adalah Sebagai Berikut:
v Melakukan
Briffing pagi, yang sering dilakukan di Office Basment
v Selanjutnya menyiapkan amenitis yang
diletakan di atas trolley
v Menyiapkan Linen,pillow case,towel, dan duve
yang ditaruh diatas trolley
v Mengechek laundry di masing – masing kamar
tamu yang berstatus Occupied
v Membersihkan kamar chek di awali dengan :
Ø Mengetuk kamar tamu sebanyak 3x sambil
mengucapkan ‘housekeeping service’
Ø Membuka pintu sambil memberikan greetings
Ø Masuk ke dalam kamar, menyalakan lampu dan
membuka kain jendela kamar
Ø Melakukan Striping bed
Ø Menyapu
lantai kamar / melakukan Sweeping dengan mematikan AC
Ø Melakukan
meaking bed
Ø Mendasting
Funiture yang ada didalam kamar (mematikan AC)
Ø Melengkapi
Guest Supplies seperti sugar, coffe, tea, creamer, mineral water, slipper,
laundry bag and list.
Ø Melengkapi
Guest Amenities sesuai standar
Ø Membersihkan
rest room (dilakukan oleh kaka senior)
Ø Membersihkan
pantry area
v Setelah
selesai membersihkan kamar, seorang room boy membersihkan dan mengatur kembali
trolley yang telah selesai digunakan dan memasukannya ke dalam pantry
masing-masing.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Setelah memahami dan
mengetahui arah serta tujuan pembuatan Laporan PRAKERIN, diharapkan mendapat
suatu gambaran tentang dunia kerja kususnya sikap perilaku presetatif. Dalam
lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Maka dapat mengembangkan
pengetahuan sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari – hari.
Pelaksanaan PRAKERIN ini sangatlah
penting dalam program pembelajaran didunia kerja serta memotivasi peserta didik
yang melaksanakan PRAKERIN ini, banyak pun pengalaman di dunia kerja bagi siswa
/ siswi yang diperoleh dapat menambah wawasa dan pengetahuan yang luas,
terbentuknya inisiatif yang dimiliki dapat memotivasi peserta untuk siap
bertanggung jawab dalam melaksanakan PRAKERIN ini sesuai dengan kerja dan
pengalaman yang sudah ada.sebagaimana dengan “ For More Satisfication” yang
sangat diwajibkan untuk boleh memberikan pelayanan terbaik.
B.
Saran Dan Pesan
Dalam mencari pemecahan
Masalah dan cara penyelesaian dunia kerja. sebenarnya tidaklah sulit, asalkan
seseorang mempunyai banyak pengalaman serta jujur terhadap orang lain dan diri
sendiri juga jujur terhadap tujuan yang akan dicapai serta berani dan disiplin
adalah suatu pengalaman dan pengetahuan untuk seseorang yang ingin berhasil
harus mempunyai semangat dalam kegiatan didunia kerja serta rajin mencapai
kesuksesan yang akan dicapai, dan jujur dalam bekerja. Karena itu adalah salah
satu kunci keberhasilan seseorang dalam menjalankan usahanya dan kepercayaan
dalam masyarakat / Konsumen terhadap dirinya.
Daftar Pustaka
Manado Quality
Hotel
qltmnd@qualityhotelmanado.com
www.qualityhotelmanado.com
Wikipedia
Terima Kasiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhh atas informasinya,,
BalasHapussangattttt membantu sekali !!!
Gbu_
sama'' , thanks udah mampirrr ..
BalasHapusGBu too_
Thank's
BalasHapusMantap, lumayan membantu
BalasHapus