LAPORAN HASIL PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) ZSIIL


LAPORAN HASIL PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)

SMK NEGERI 3 MANADO









Jln. TNI No. 4 Tikala Telp(0431) 864087 MANADO 95124

DI SUSUN OLEH:
SHANNITA RATUMBOBA
KELAS:
XII AP 3
PROGRAM KEAHLIAN:
AKOMODASI PERHOTELAN



 




KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yesus Kristus, karena berkat pertolongan dan izin-Nya sehinggah saya dapat menyelesaikan Tugas Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) selama 4 Bulan di MANADO QUALITY HOTEL dan sampai pada pembuatan laporan akhir ini bisa terselesaikan dengan baik.
Dalam pembuatan laporan ini, tidak luput dari pihak-pihak lain, untuk itu saya ingin mengucapkan terimakasih kepada :
-          Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Manado : Bpk Drs James Senewe
-          General Manager MANADO QUALITY HOTEL :  Bpk Yorizal Pasambe
-          Senior personnel Officer Manado Quality HOTEL : Ibu B. Sumarwati
-          F & B Service Manager : Bpk Mohammad Anwar
-          Housekeeping Manager : Ibu Cherly Wangkay
-          Ketua Jurusan Akomodasi Perhotelan :  Ibu Yetty Mansa
-          Guru Pembiming : Manuel. K. Momole, Spd
Serata seluruh staf dan Karyawan MANADO QUALITY HOTEL yang sudah membantu dan memberikan dorongan maupun bahan acuan sehingga saya berhasil menyelesaikan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).
Kritik dan saran yang sifatnya membangun saya harapkan dari semuannya, karena saya yakin masih banyak kekurangan dalam Laporan saya ini. Karena itu saya mohon maaf apabila ada kesalahan yang tidak saya ketahui, atas kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.


Penyusun

SHANNITA RATUMBOBA
 







DAFTAR ISI

Halaman Judul ..........................................................................................I
Kata Pengantar ........................................................................................II
Daftar Isi ......................................................................................................III
Lembar Pengesahan & persetujuan ...................................................IV
Profil Of The Hotel ...................................................................................V
Bab I.              PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang ................................................................. 1
B.      Tujuan .................................................................................. 1
C.      Waktu dan Tempat ......................................................... 2
D.     Sasaran Kegiatan .............................................................. 2
E.      Hasil yang Diharapkan.................................................... 2
Bab II.             RUANG LINGKUP PERUSAHAAN
A.     Gambar Umum Perusahaan ............................................... 3
-          Sejarah Singkat Perusahaan ......................................... 3
-          Lokasi Perusahaan ........................................................... 4
-          Departement Yang ada Dihotel ................................... 4
-          Fasilitas Yang ada Dihotel ............................................... 5
-          Struktur Organisasi Hotel ................................................ 7
B.      Departement Tempat Prakerin ............................................ 8
-          Struktur Organisasi Departement Sendiri ....................... 8
-          Tugas Tanggung Jawab Departement Yang di Tempati ... 9
C.      Uraian Kegiatan Prakerin ...................................................... 11
Bab III.            PENUTUP
A. Kesimpulan ............................................................................. 14
                        B. Saran dan pesan.......................................................... 14
C. Daftar Pustaka....................................................... 15



III






LEMBAR PENGESAHAN & PERSETUJUAN

SMK NEGERI 3 MANADO
Jln. TNI No. 4 Tikala Telp. (0431) 864087 MANADO 95124
Kepala Sekolah


Drs. James Senewe
Ketua Jurusan                                                              Guru Pembimbing

Yetty Mansa                                                                                    Manuel. K Momole, Spd.

General Manager                                               Senior Personnel Officer


Bpk.

 Yorizal Pasambe                                                                        B. Sumarwati
 

PROFIL OF THE HOTEL
Name              :           MANADO QUALITY HOTEL
Location          :           Jln. Piere Tendean No. 88-89, Boulevard Manado 95114
                                    North Sulawesi, Indonesia Phone (62-431) 8883888
                                    Fax : (62-431) 8881111, 8881617
SMS Reservation: 081523908888
Categories       :           4 Stars
Fascilities         :           Meeting Rooms
Restaurant
Havila Lounge
Business Centre
Laundry Service
Dry Cleaning
Massage Service
Hot Spot (WIFI) at the lobby and Lounge
Car Rental
Airport transfer and pick up (on request)
Rooms :                       143 Well appointed rooms
                                    Air Conditioning
                                    Hot & Cold Water
                                    TV channels                   
                                    Coffe & tea makewr
                                    Safety box
                                    Internet access (LAN connection cabel)
                                    Mini Bar, and IDD Telephone
                                                                       
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Prakerin Merupakan kegiatan yang harus diikuti oleh setiap siswa SMK yang dipersiapkan menjadi tenaga kerja yang siap untuk mengisi lapangan kerja tingkat menengah sesuai dengan bidang keahlian yang ditekuninya.
Latar belakang pelaksanaan prakerin menambah ilmu pengetahuan dalam dunia industri / perusahaan untuk meningkatkan mutu serta kualitas sebagai lulusan SMK untuk menjadi sumber daya manusia yang handal dan profesional. Untuk itu siswa dan guru pembimbing dipandang perlu mempunyai pedoman yang sama berupa buku jurnal laporan kegiatan kerja industri (PRAKERIN). Jurnal ini masih perlu penerapan yang lebih baik dari pihak instansi pemerintah / Perusahaan / Maupun Sekolah.
Tujuan
            Tujuan dari pelaksanaa  Prakerin adalah :
1.        Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian berkualitas yaitu, tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, ketrampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan lapangan kerja.
2.       Memperoleh Link and Match antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan dunia kerja.
3.       Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas.
4.       Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian proses pendidikan.

Tujuan SMK sebagai bentuk satuan pendidikan kejuruan sebagaimana ditegaskan dalam penjelasan pasal 15 UU SISdiknas, merupakan  pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu
Tujuan Penyusunan Laporan
            Memanfaatkan dan Mengembangkan Peluang usaha secara Kreatif dan Inovatif.
Mengetahui Faktor – faktor keberhasilan dan kegagalan usaha. Pelaksanaan PRAKERIN, peserta diharapkan memiliki Etos Kerja dan Kemampuan, yaitu :         
Kemampuan Kerja ;
            Motivasi Kerja yang Baik ;
            Memiliki Inisiatif ;
            Memiliki Kreatifitas yang Baik ; serta

Memiliki Disiplin Waktu
Waktu & Tempat                                                  
Hari Tanggal : Senin 22 Oktober 2012 s/d Selesai
            Tempat / Lokasi Pembuatan Laporan : Di Rumah dan Sekolah
Sasaran Kegiatan
Pelaksanaan PRAKERIN ditunjukan bagi generasi muda kususnya para siswa – siswi SMKN 3 Manado untuk membekali diri di bidang keahlian tersebut. Para siswa – siswi masing – masing dan untuk mempersiapkan diri mencari pengalaman kerja di dunia usaha / industri sesuai dengan program keahlian masing – masing kususnya dibidang Akomodasi Perhotelan.
Hasil Yang Di Harapkan
            Hasil yang diharapkan dengan adanya pembuatan Laporan ini adalah kiranya menghasilkan siswa dan siswi yang memiliki kemampuan dalam hal sikap, serta Intelektual dan mampu bersaing dengan Sekolah Menengah Kususnya dalam Bidang Akomodasi Perhotelan.











BAB II
RUANG LINGKUP PERUSAHAAN
A.   Gambaran Umum Perusahaan

          

                 

-         Sejarah Singkat Perusahaan

SEJARAH MANADO QUALITY HOTEL
            Manado Quality Hotel Didirikan Pada Tanggal 16 Agustus 2006 yang merupakan tanggal soft opening, dan pada tanggal 12 september 2006 merupakan Grand Opening yang pada waktu itu masih dikenal dengan nama Quality Hotel Manado (chance dari choice Hotel). Dan berkedudukan di Jalan Piere Tendean no. 88-89 Boulevard Manado.
Manado Quality Hotel merupakan city hotel yang sangat strategis karena terletak di pusat Business on Boulevard. Pelayanan yang prima dan bersahabat menjadi motto dari kami karena tanpa pelayanan yang baik maka tamu tidak akan merasa nyaman seperti di rumah sendiri.
            Manado Quality Hotel dijalankan oleh management yang professional dan berdedikasi tinggi serta karyawan yang ramah, jujur dan siap melayani tamu dengan standart hotel berbintang. Dan management dan karyawan menjalin kerjasama yang solid sehingga tercipta Team Work yang tanggguh.
                                                                                                             



Visi dari Manado Quality Hotel :
            Menjadi yang terdepan dan hotel yang lebih terkenal di daerah ini. Dengan hotel yang lebih fresh, baik dan terlatih, dinamis, penuh enerjik, tim Managemen dan karyawan yang bermotivasi tinggi. Berkonsisten untuk mencoba atau melaksanakan pelayanan standar Internasional. Untuk memberikan keuntungan hotel saat hotel menjamin kepuasan dan kesetiaan tamu di semua area hotel (departement) dengan bersikap sahabat, efektif, dan memberikan pelayanan yang profesional.
                        Misi dari Manado Quality Hotel :
            Management perusahaan telah mencanangkan misi perusahaan dalam mencapai visinya. Adapun misi perusahaan tersebuat adalah sebagai berikut.      
Memiliki komitmen untuk menghasilkan keuntungan yang optimum bagi pemilik hotel guna menjaga pertumbuhan keuntungan dimasa yang akan datang. Selalu berusaha secara tetap dan kerja keras untuk memenuhi harapan dari para pelanggan, pemilik hotel, dan karyawan dengan memberikan service yang baik. Serta memiliki komitmen untuk terus meningkatkan produk dan pelayanan.
-         Lokasi Perusahaan
Manado Quality Hotel berlokasi di Jln. Piere Tendean No. 88-89.Boulevard Manado.
-         Departement – Departement Yang ada Di Manado Quality Hotel :
1.       FRONT OFFICE DEPARTEMENT
Front office Departement adalah bagian yang bertugas menjual kamar.
Front Office Departement terbagi dalam beberapa seksi :
-         Reception
-         Information
-         Telephone Operator
2.     SALES DAN MARKETING DEPARTEMENT
Sales dan Maketing Departement adalah bagian yang bertugas mempromosikan Hotel serta fasilitas serta Meeting and Function Room yang ada.
3.     HOUSEKEEPING DEPARTEMENT
Housekeeping Departement adalah bagian yang bertugas dalam Mengatur, membersihkan, merapikan kamar serta seluru area hotel untuk memberikan kenyamanan bagi setiap orang yang berkunjung.
Departement Housekeeping dibagi dalam beberapa seksi :
-          Room section, bertugas atau bertanggung jawab pada kamar – kamar serta mendistribusikan kelengkapan guest supplies
-         Publick Area, yaitu seksi yang bertanggung jawab pada pembersihan publick area, fuction room,  restorant, dan lounge.
-         Linen dan Uniform section, yaitu seksi atau bagian yang bertanggung jawab dalam memelihara seragam maupun linen serta memperbaiki pakaian – pakaian atau linen yang tidak layak digunakan.
4.    LAUNDRY DEPARTEMENT
Laundry Departement adalah bagian yang bertugas menangani cucian baik house Laundry, guest Laundry, dan outside Laundry.
5.       FOOD & BEVERAGE SERVICE
FOOD & BEVERAGE SERVICE adalah bagian departement yang bertanggung jawab pada pelayanan makanan dan minuman. Bagian departement ini juga terbagi dalam beberapa seksi atau bagian yaitu :
-         Restaurant
-         Lounge and Bar
-         Room Service
6.    ENGGINERING / TEKNISI DEPARTEMENT
Engginering departement adalah bagian yang bertanggung jawab dalam hal pemeliharaan, perawatan, serta perbaikan terhadap kerusakan – kerusakan yang terdapat di area hotel maupun di kamar.
7.      SECURITY DEPARTEMENT
Security departement adalah bagian yang bertanggung jawab pada keamanan lingkungan hotel.
-         Fasilitas Perusahaan / Hotel Dan Layanan Lainnya
Fasilitas yang ada di Manado Quality Hotel adalah :
1.        Mempunyai 143 kamar yang terdiri dari :
-          Suite room                  : 9 kamar
-          Royal suite                  : 8 kamar
-          Deluxe Room  : 64 kamar terdiri dari
. Twin bed       : 16 kamar
. Queen bed    : 48 kamar
-          Superior room : 62 kamar terdiri dari
. Twin bed       : 49 kamar
. Queen bed    : 13 kamr
2.       Meeting Room yang terdiri dari :
-          Bunaken meeting room
-          Mantehage meeting room
-          Gangga meeting room
-          Tongkaina meeting room
-          Molosing meeting room

3.       Business Center
4.       Restaurant
5.       Lounge and Bar
6.       Internet
7.       Massage / Spa
8.       Parking Area
9.       Rental Car

Ada Pun Harga Yang di Tawarkan di Manado Quality Hotel Sebagai Berikut, Berdasarkan Tipe kamar yang diingini;
Harga Kamar MANADO QUALITY HOTEL
TYPE OF ROOM
RATES
MEALS
Harga Internet
Harga Publish
Rp
Rp
Superior
520.000
800.000 ++
abf
Deluxe
595.000
900.000 ++
abf
Suite
830.000
1.000.000 ++
abf
Royal Suite
1.650.000
1.900.000 ++
abf


















B. Departement / Bagian Tempat Prakerin
GENERAL MANAGER
(Yorizal Pasambe)
-Struktur Organisasi  Food and Beverage Service Manado Quality Hotel




Executief . CHEF
(Mohammad Anwar)
 
                                                           
                                                           



Ass. CHEF
(Syarifudin)
Ass. RESTAURANT & BAR MANAGER
(Mohammad Mansur)
 






RESTAURANT SUPERVISOR
(Jonly Talumepa)
BANQUET SUPERVISOR
(Denny Mare)



 


FOOD & BEVERAGE STAFF







-Tugas dan Tangung Jawab F & B Service Departement
          Tugas dan tanggung jawab Waiter / Waitress
Di Restoran seorang Waiter dan Waitress mempunyai tanggung jawab adalah sebagai berikut :
1.        Set – up Table yaitu dilakukan sebelum operasional.
2.      Mengecek dan Mengambil kembali salt and papper, dilakukan sebelum dan sesudah operasional
3.      Memberikan cutleries / polishing, dilakukan sesudah operasional
4.     Memberikan china ware, dilakukan sesudah operasional
5.      Mengecek dan mengisi sugar bowl setelah operasional Breakfast
6.     Menyiapkan dan melipat napkin untuk operasional selanjutnya dilakukan sebelum dan sesudah operasional
7.      Sebelum operasional dilakukan waiter dan waitress menyiapkan tempat untuk tamu
8.      Menyambut tamu yang datang dan mengambil pesanan serta melayaninya
Operasional Kerja Food and Beverage Service
            Sebelum restoran di buka, yang dilakukan adalah membersihkan peralatan yang akan digunakan dalam operasional kerja termasuk area restoran, lalu menyiapkan peralatan yang diperlukan dan di Set-up diatas meja restoran.
                                   
                                   

GENERAL MANAGER
(Yorizal Pasambe)
-Struktur  Organisasi Houskeeping Manado Quality Hotel

 Room devition manager & MANAGER HOUSEKEEPER
(Cherly Wangkay)
HOUSEKEEPING SuPerVisor
(HarvY Mongan)
HOSEKEePING SuPerVisor
(Iswadi Siala)
HOUSEKEEPING STAFF
SENIOR FLOOR Supervisor
(MOURIS AUMBAS)
 




















-Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeping:
·         Mengecek semua kamar pada permulaan shiftnya dan membuat Room Boy Sheet mengenai situasi kamar sesuai dengan kode yang di tentukan.
·         Mengambil linen atau towel, cleaning supplies, guest supplies, dan perlengkapan atau peralatan kerja lainnya, kemudian diatur ke trolley dan lain-lain.
·         Mengontrol inventaris, kondisi kebersihan dan kelengkapan setiap kamar di floornya masing-masing.
§  Membersihkan, mengganti, dan melengkapi sesuai standard:                                           -Bed room                                                                                                                  -Bath room                                                                                                                 -Furniture dan kelengkapan kamar lainnya
·         Making bad
·         Mengganti linen atau towel yang kotor disetiap kamar
·         Vacuum cleaning, mengepel lantai untuk kamar-kamar tanpa karpet.
·         Melaporkan segala kerusakan, kehilangan, kejadian yang tidak semestinya kepada FO dan HK Supervisor.
·         Menolong Valet (laundry) untuk mengumpulkan cucian tamu yang dilaundrykan
·         Menolong room service mengeluarkan piring atau alat makan yang kotor
·         Mengembalikan linen atau towel, sisa guest supplies, cleaning supplies, cleaning equipment ke linen room atau ke roomboy station floor masing-masing.
·         Membersihkan atau mengatur kembali trolley
·         Menerima atau melaksanakan perintah atasan
·         Bekerja sama yang baik dengan rekan kerja di departement HK dan departement lainnya.                            








Uraian Kegiatan Prakerin
Kegiatan yang dilakukan selama prakerin diManado Quality Hotel adalah sebagai berikut:
Food & Beverage Departemen terbagi menjadi 3 bagian yaitu:
v  Restaurant
v   Lounge
v  Banquet
                               
1.        Direstaurant terdapat pekerja-pekerja yang disebut Waiter (untuklaki-laki) dan Waitress (untuk perempuan). Seorang waiter dan waitress memulai pekerjaan mereka menurut shiftnya masing-masing, berikut ada 4 macam shift yaitu:
v  Shift pagi pukul 05.00 s/d pukul 15.00
v  Shift siang pukul 12.00 s/d pukul 20.00
v  Shift sore pukul 15.00 s/d pukul 23.00
v  Shift malam pukul 23.00 s/d pukul 07.00
Sebagai anak training kami dituntut untuk mengikuti shift-shift tersebut (kecuali shift malam hanya untuk senior). Direstaurant pekerjaan kami dimulai dari kegiatan breakfeast(pukul 05.00) sampai selesai(pukul 10.00) dan kami mempunyai tugas maisng-masing yang terdiri dari:
v  Greatters
Seorang greatters posisinya berada didepan pintu masuk restaurant yang bertugas untuk memberi greetings kepada tamu yang masuk dan keluar restaurant, bagi tamu yang masuk kita mengucapkan greetings sambil menanyakan nomor kamar tamu tersebut untuk dicatat didaftar tamu yang menginap dihotel sebagai bukti bahwa tamu yg berada dikamar tersebut sudah melakukan breakfeast. Sesudah itu langsung mengantarkan tamu kedalam restaurant dan membantu tamu untuk mencari tempat duduk yang mereka inginkan. Seorang greatters juga harus mempunyai sikap yang ramah, sopan, dan murah senyum agar dapat memberi kesan yang sangat baik bagi tamu yang datang breakfeast.

v  Coffe Runner
Coffe runner dilakukan ketika tamu masuk restaurant yang diantar oleh greatters, dengan cara menawarkan teh dan kopi kepada tamu sekaligus menuangkannya ketempat yang sudah disediakan sesuai dengan pilihan tamu tersebut, tidak lupa juga menyampaikan greetings sebelum menawarkan teh dan kopi.

v  Clear up
Clear up dilakukan ketika tamu selesai makan, dengan cara menanyakan kepada tamu tersebut apakah peralatan yg digunakan sudah selesai digunakan, dan kita segera mengangkatnya dengan sopan dan ramah sambil tersenyum. Dan ketika tamu tersebut sudah pergi meninggalkan restaurant segeralah kita membersihkan meja tersebut dan mengangkat kembali peralatan yang masih tersisa.

v  Set-up Breakfeast
Seseorang yang ditugaskan untuk mengset-up meja, yang harus dilakukan yaitu prepare perlengkapan set-up yang terdiri dari spoon,fork,knife,saucer,tea cup, dan tea spoon. Setelah itu barulah mengset-up dengan cara meletakan knife terlebih dahulu disebelah kanan, kemudian fork disebelah kiri, lalu spoon disebelah kanan bersebelahan dengan knife, kemudian saucer disebelah kanan, begitu juga tea cup  ditaruh diatas saucer, dan tea spoon disebelah kanan tea cup diatas saucer.

v  Polished
Bagian pemolishan dilakukan oleh seseorang dan posisinya berada di belakang. Pekerjaan memolish harus dilakukan secara hati-hati dan bersih agar tidak ada masalah yang terjadi seperti barang jatuh dan pecah, masih ada kotoran yang tersisa, dan lain-lain. Peralatan yang dipolish adalah cutleries,chinaware,dan glass. Selain ditugaskan untuk memolish, kita juga diberi tugas lain yaitu mengecek peralatan yang ada dimeja plasmanan kalau ada yang sudah habis kita langsung menambahkannya seperti water goblet, high ball, dessert plate, dinner plate, sereal ball, b&b plate, dan pasta plate. Oleh sebab itu dibagian polished harus dilakukan oleh seorang yang bertanggung jawab agar tidak akan terjadi masalah yang dapat menimbulkan komplain dari tamu.


v  Room Service
Ketika tamu ingin menghubungi room service maka tamu tersebut sudah pasti akan memesan makanan dan minuman, dan sebagai anak training tugas kami adalah mengantarkan room service tersebut kekamar dengan cara:
Ø  Mengetuk pintu kamar dengan menggunakan punggung jari sampai 3x sambil mengucapkan ‘’Room Service’’ .
Ø  Ketika tamu membuka pintu, kita langsung menyapa tamu tersebut dengan memberi greetings dibarengi dengan senyuman dan mengatakan ‘’permisi bapak/ibu(mengucapkan pesanannya)’’
Ø  Ketika tamu menyuruh untuk masuk, kita langsung menanyakan pesanannya mau ditaruh dimana, kemudian menaruhnya sesuai dengan permintaan tamu tersebut.
Ø  Setelah itu tamu akan bertanya soal bill(pembayaran), dan kita langsung memberikan bill tersebut dengan ramah dan sopan.
Ø  Setelah itu kita pergi dari kamar tersebut sambil mengucapkan ‘magic words’ seperti “selamat menikmati bapak/ibu manakan dan minumannaya” dan tidak lupa lagi mengucapkan greetings sambil tersenyum dan menutup kembali pintu dengan hati-hati tanpa mengeluarkan suara. 

           


2.       Di Havilla Lounge pekerjaan dilakukan setelah breakfeast(pukul 10.00) sampai selesai. Pekerjaan yang dilakukan antara lain sebagai berikut:
v  Membersihkan meja-meja yang kotor dan mengatur kembali kursi-kursi  dan mengganti ahstray yang kotor dengan yang bersih.
v  Membersihkan area pantry, refil alat dan bahan yang habis terpakai dengan yang baru, replay botol-botol yang akan   dijual, mengecek buah-buah yang habis dan segera mengordernya, mencuci dan memolish peralatan yang kotor.
v  Handle tamu yang ingin memesan minuman dan makanan dan mengordernya, lalu mengantar kembali pesanan tersebut.
v  Membuat orderan seperti juice-juice,coffee,dan jenis minuman lainnya.
v  Melaporkan hasil pekerjaan disaat briefing.







3.       Di Banquet kegiatan yang dilakukan adalah:
Ø  Ketika ada acara yang diselenggara seperti meeting, seminar, HUT, dan lain-lain, ruangan yang akan diselenggarakan acara tersebut di shet sesuai permintaan penyelenggara.
Ø  Set-up memo pad dan water goblet yang langsung dipouring.
Ø  Set-up dinner dan lunch
Ø  Menghandle coffee break yang sedang berlangsung sambil mengecek teh dan kopi apakah sudah habis atau belum, kalau sudah habis maka segera direfil kembali.
Ø  Setelah acara selesai mengclear-up dan langsung mengatur kembali ke posisi semula.


Kegiatan Yang dilakukan selama PRAKERIN di Manado Quality Hotel Departement HOUSEKEEPING adalah Sebagai Berikut:
v  Melakukan Briffing pagi, yang sering dilakukan di Office Basment
v Selanjutnya menyiapkan amenitis yang diletakan di atas trolley
v Menyiapkan Linen,pillow case,towel, dan duve yang ditaruh diatas trolley
v Mengechek laundry di masing – masing kamar tamu yang berstatus Occupied
v Membersihkan kamar chek di awali dengan :
Ø   Mengetuk kamar tamu sebanyak 3x sambil mengucapkan ‘housekeeping service’
Ø   Membuka pintu sambil memberikan greetings
Ø   Masuk ke dalam kamar, menyalakan lampu dan membuka kain  jendela kamar
Ø   Melakukan Striping bed
Ø  Menyapu lantai kamar / melakukan Sweeping dengan mematikan AC
Ø  Melakukan meaking bed
Ø  Mendasting Funiture yang ada didalam kamar (mematikan AC)
Ø  Melengkapi Guest Supplies seperti sugar, coffe, tea, creamer, mineral water, slipper, laundry bag and list.
Ø  Melengkapi Guest Amenities sesuai standar
Ø  Membersihkan rest room (dilakukan oleh kaka senior)
Ø  Membersihkan pantry area
v Setelah selesai membersihkan kamar, seorang room boy membersihkan dan mengatur kembali trolley yang telah selesai digunakan dan memasukannya ke dalam pantry masing-masing.





BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
Setelah memahami dan mengetahui arah serta tujuan pembuatan Laporan PRAKERIN, diharapkan mendapat suatu gambaran tentang dunia kerja kususnya sikap perilaku presetatif. Dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Maka dapat mengembangkan pengetahuan sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari – hari.
Pelaksanaan PRAKERIN ini sangatlah penting dalam program pembelajaran didunia kerja serta memotivasi peserta didik yang melaksanakan PRAKERIN ini, banyak pun pengalaman di dunia kerja bagi siswa / siswi yang diperoleh dapat menambah wawasa dan pengetahuan yang luas, terbentuknya inisiatif yang dimiliki dapat memotivasi peserta untuk siap bertanggung jawab dalam melaksanakan PRAKERIN ini sesuai dengan kerja dan pengalaman yang sudah ada.sebagaimana dengan “ For More Satisfication” yang sangat diwajibkan untuk boleh memberikan pelayanan terbaik.

B.   Saran Dan Pesan
Dalam mencari pemecahan Masalah dan cara penyelesaian dunia kerja. sebenarnya tidaklah sulit, asalkan seseorang mempunyai banyak pengalaman serta jujur terhadap orang lain dan diri sendiri juga jujur terhadap tujuan yang akan dicapai serta berani dan disiplin adalah suatu pengalaman dan pengetahuan untuk seseorang yang ingin berhasil harus mempunyai semangat dalam kegiatan didunia kerja serta rajin mencapai kesuksesan yang akan dicapai, dan jujur dalam bekerja. Karena itu adalah salah satu kunci keberhasilan seseorang dalam menjalankan usahanya dan kepercayaan dalam masyarakat / Konsumen terhadap dirinya. 




Daftar Pustaka

Manado Quality Hotel
qltmnd@qualityhotelmanado.com
www.qualityhotelmanado.com
Wikipedia 

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer